Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Ujicoba Aplikasi Laporan UPK Terbaru


    Jajaran pengurus UPK Kabupaten Majalengka tak henti-hentinya berbenah diri dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyara-  kat dan peningkatan kualitas kinerja. 
    Kamis, 5 Juli 2012, Tim Pengembang Aplikasi Laporan UPK Kabupaten Majalengka sengaja mengundang Mas Rohman dari MIS RMC Jawa Barat untuk tujuan penyempurnaan sistem aplikasi UPK. Format aplikasi yang dipakai oleh UPK selama ini lebih bertendensi hanya untuk kebutuhan pelaporan saja, sementara kinerja keseharian UPK tetap terbiarkan secara manual, khususnya pencatatan pada kwitansi penyetoran pinjaman dan pencatatan pada kartu pinjaman. Tim Pengembang Aplikasi UPK Kabupaten Majalengka menghendaki adanya penggabungan keduanya. Dan respon positif muncul dari Mas Rohman dengan memperkenalkan sebuah sistem aplikasi yang mengarah pada kesempurnaan sesuai tuntutan di atas. UPK Sindang adalah tempat yang dipilih untuk tujuan sharing dan sekaligus uji coba kehandalan aplikasi baru tersebut.

       Acara dihadiri oleh wakil UPK dari masing-masing region, yaitu UPK Sindang selaku tuan rumah, UPK Argapura, UPK Palasah, UPK Jatitujuh, UPK Bantarujeg, dan UPK Kasokandel. Turut hadir pula Faskeu Kabupaten Majalengka (Ir. Sutardjo) dan Operator Kabupaten Majalengka (Titin Yohana). 
    Kegiatan dimulai dengan pengenalan dasar dari sistem aplikasi baru tersebut, dilanjutkan dengan membuka tiap sheets yang bisa diakses langsung dari button-button yang tertera pada layar interface awal. Program yang digunakan adalah Excel Macro. User-Form yang dirancang di layar awal sudah cukup lengkap untuk keperluan kinerja UPK dan kebutuhan pelaporan UPK sesuai standard acuan yang telah digariskan oleh PNPM Mandiri Perdesaan. Itulah kesan pertama dari kegiatan uji coba aplikasi terbaru UPK.
    Untuk langkah selanjutnya, sebelum resmi digunakan secara serentak di Kabupaten Majalengka, dipandang perlu adanya beberapa penyesuaian guna mengakomodasi ketidakseragaman aturan pinjaman yang diterapkan oleh masing- masing UPK di Kabupaten Majalengka. Dalam hal ini diperlukan pula masukan-masukan dari tiap-tiap UPK sehingga dalam penggunaannya nanti benar-benar sesuai harapan dan sesuai kebutuhan. Tidak menutup kemungkinan untuk mengadopsi aplikasi sejenis lainnya untuk lebih memudahkan dalam hal penggunaannya. Atau mungkin pula digabungkan dengan program aplikasi database yang telah dikembangkan oleh Tim Pengembang Aplikasi UPK Kabupaten Majalengka yang pernah dibuat sebelumnya, sehingga benar-benar menghasilkan sebuah program aplikasi yang sempurna yang akan menjadi pendukung utama kinerja UPK di Kabupaten Majalengka. 
     Peserta sharing telah bersepakat untuk lebih lanjut membahas penyempurnaan aplikasi ini, sehingga diharapkan bisa digunakan dalam waktu dekat. Pertemuan intens dari para pengurus UPK yang berkompeten akan dilakukan sesegera mungkin.